Kamis, 17 Juni 2010

Manajemen Email Pada Outlook Express


Anda dapat dengan mudah mengelola email pada Outlook Express. Dengan otomatis email yang masuk akan disortir dan dipisahkan dalam folder-folder. Jadi email dapat dikelompokkan berdasarkan aturan-aturan yang diinginkan. Hasilnya, email akan tersimpan rapi berdasarkan kelompok atau kategori tertentu.

Berikut ini langkah-langkahnya.

Buka Tools > Message Rules > Mail 




Pada tab Mail Rules, klik New untuk membuat rule baru.

Pilih Condition, Action, Rule Description dan Name of the Rule sesuai yang diinginkan. 

Condition : merupakan syarat, aturan, atau filter yang dijalankan pada saat email baru masuk. Anda dapat mengaturnya berdasarkan si pengirim email, subject email, isi email, dan lain sebagainya.
Action : merupakan aksi yang akan dijalankan setelah email di filter sesuai Condition yang ada. Email yang telah di filter dapat dipindahkan ke folder tertentu, dicopy, dihapus, ataupun diteruskan.
Akan tampil deskripsi dari Condition dan Action yang anda pilih tadi pada kolom Rule Desription. Akan muncul beberapa link sesuai Condition dan Action yang terpilih. Klik link tersebut untuk menentukan detail dari Condition dan Action.
Link Contains Specific Words : memilih kata-kata yang akan difilter. Dapat berisi lebih dari satu kata.

Link Specified : menentukan lokasi folder penyimpanan setelah email difilter oleh Condition.

Selanjutnya tentukan nama dari Rule yang telah anda buat tadi. 

Jika telah selesai maka rule tadi akan ter-list berikut deskripsinya. Anda dapat memodifikasi rule tadi langsung dari kolom Rule Description. 



Setelah semuanya selesai maka semua email baru yang masuk akan difilter sesuai Condition dan melakukan Action sesuai yang anda setting pada Rule yang ada. Anda dapat membuat banyak rule (banyak Condition dan banyak Action)

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 comments: